Kejadiannya tahun 1987. Kami tinggal di Pinner, Middlese, Inggris. Daerah penuh dengan rumah-rumah bergaya Tudor. Pengalaman ini terjadi di ruang keluarga.



Saat itu malam hari, di luar sudah gelap. Tirai di ruangan sudah diturunkan. Ada sebuah lampu meja di samping dibiarkan menyala. Kami sedang menonton TV. Istri saya Monica duduk di kursi di seberang saya.  Lalu di antara saya dan istri saya, ada kucing kami, Claude, sedang meringkuk tertidur. TV itu ke kiri dan ke kanan lounge terus ke ruang makan dengan pintu ke ruang dan dapur.


Tiba-tiba aku melihat sesuatu yang bergerak ke kanan. Saya langsung menghadap ke arah benda itu untuk melihat lebih jelas. Ternyata yang lewat tadi adalah asap tebal yang berputar, mengalir sendiri. Asapnya cukup tebal. Mungkin seperti asap cerutu. Perlahan-lahan asapnya bergerak. Posisinya sejengkal kaki melayang-layang.


Sontak aku teriak “Monica, coba lihat!” Monica bersama saya melihat asapnya perlahan-lahan melayang ke arah Claude. Kucing kami langsung terbangun dan duduk. Siapapun yang pernah memelihara kucing pasti tahu, apa yang dilakukan kucing untuk bertegur sapa. Kucing akan mengeong dengan suara rendah.


Nah! Claude membuat suara seperti itu kepada asap misterius yang mendekatinya. Asap ini anehnya tidak melayang menembus kucing kami. Asapnya hanya mendekati dia lalu berhenti. Kucing kami juga tidak takut. Setelah kejadian itu kucing kami juga tidak mengalami perubahan sifat atau apa.


Monica dan saya sendiri kagum pada apa yang baru saja kami saksikan. Kami tidak tahu apa yang terjadi. Yang pasti kejadian ini tidak pernah terulang lagi.


Seperti itulah kejadiannya.


Beberapa tahun sebelum kejadian itu, kami kehilangan kucing kami Moggsy karena kecelakaan di jalan. Moggsy merupakan hewan paling fantastis untuk kami. Dia bahkan mengejar anjing tetang sekedar bersenang-senang. Atau masuk rumah tetang, pergi ke loteng, keluar dari jendela kamar mandi, dan meluncur ke bawah. Betul-betul kucing hebat!


Kami bertanya-tanya apakah mungkin itu Moggsy datang untuk mengunjungi Claude? Saya sering mendengar cerita orang yang sudah meninggal terkadang mengunjungi orang yang masih hidup. Saya sendiri tidak tahu apakah itu berlaku untuk hewan. Bagaimana pendapat kalian?